Rabu, 17 Mei 2017

Apa itu service strategy dan service design ?




Service strategy adalah  salah satu publikasi inti IT Infrastructure Library (ITIL) framework yang digunakan di dalam penerapan IT Service Management (ITSM). Dari judulnya, buku pertama ITIL ini bertujuan untuk memberikan panduan tentang pentingnya bagi semua organisasi untuk menyelaraskan strategi bisnis yang didefinisikan dengan baik dengan strategi ICT yang efektif.

Organisasi yang ingin menerapkan ITSM seharusnya memikirkan strategi yang dibutuhkan di dalam memberikan layanan untuk pelanggan seperti menetapkan visi, tujuan, kebijakan, persyaratan dan target untuk tahap siklus proses dan fungsi yang di dalam buku ITIL berikutnya yaitu Service Design, Service Transition & Continual Service Improvements.




Service Design adalah tahapan dimana ManajemenLayanan IT mulai memastikan rencana-rencana Layananyang akan disediakan (dalam Service Portfolio) benar-benar sesuai kebutuhan pengguna, dan mendetailkannyamenjadi arsitektur - arsitektur sistem/layanan, proses -proses, laporan, & dokumentasi.

Service design bertujuan sebagai berikut:


§  Memproduksi dan memelihara rencana-rencana TI, proses-proses, kebijakan (policies), arsitektur, kerangka kerja, dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses desain
§  Membantu dalam membangun kebijakan (policies) dan standar-standar dalam desain dan perencanaan service TI
§  Mendesain metode pengukuran dan metrik-metrik untuk menilai (assesing) proses desain
§  Mendesain service untuk memenuhi sasaran-sasaran bisnis
§  Mendesain service yang mudah untuk dibangun dengan efisien
§  Mendesain proses yang efektif dan efisien
§  Mengidentifikasi dan mengelola resiko
§  Mendesain infrastruktur TI yang aman dan handal, lingkungan (environment), aplikasi, serta sumber daya dan kapabilitas data/informasi
§  Mengembangkan keterampilan (skills) dan kemampuan (capability) dalam TI
§  Memberikan kontribusi dalam perbaikan kualitas serivce TI


Proses-proses service design dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Service Catalogue Management
2. Service Level Management
3. Capacity Management
4. Availability Management
5. IT Service Continuity Management
6. Information Security Management
7. Supplier Management
8. Requirements Engineering (aspek teknologi)
9. Data and Information Management (aspek teknologi)
10. Application Management (aspek teknologi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Passive Voice & Causative Have // Bahasa Inggris Bisnis 2

Passive Voice          Passive voice  adalah bentuk kalimat dalam bahasa Ingris yang lebih menekankan terlaksananya kegiatan atau peri...